Monday, November 2, 2015

ASKING, GIVING AND REFUSING A FAVOR (MEMINTA, MEMBERI DAN MENOLAK JASA)


Asking, giving and refusing a favor adalah ungkapan yang dipakai untuk meminta, memberi dan menolak jasa/bantuan.

1)Asking a favor (meminta jasa/bantuan)
Asking a favor berarti meminta jasa ke orang lain. Asking a favor menggunakan ungkapan:
Would you …?
Would you like …?
Could you ….?

2)Giving a favor (memberi jasa/bantuan)
Giving a favor berarti ucapan/jawaban kita pada saat kita mau memberikan jasa yang diminta.Giving a favor menggunakan ungkapan:
My pleasure. (dengan senang hati.)
Sure. What is it? (tentu. Apa?)
Ok. (ok/baik)

3)Refusing a favor (menolak jasa / bantuan) Refusing a favor berarti uacapan/jawaban kita pada saat kita menolak atau tidak bisamemberikan jasa/bantuan yang diminta.
a)Menolak bantuan yang ditawarkan orang lain menggunakan ungkapan:
Thanks. I can do it myself. (terima kasih. Saya bisa melakukannya sendiri)
 No. thanks. (tidak terima kasih). 
b)Ungkapan tidak bisa memberikan jasa/bantuan yang diminta seperti:
Sorry. I can’t. (maaf. Saya tidak bisa)
I’m sorry. I can’t. (saya minta ma’af. Saya tidak bisa.)
I’m afraid not. I can’t. (maa’af. saya tidak bisa.)

Exemple ; 
(Dialogue 1) 
Shinta: would you like to help me please? (maukah kamu membantuku?)
Hendri: yes. What can I do?(ya. Apa yang bisa saya lakukan?)
Shinta: buy me sugar please! (belikan saya gula!)
Hendri: my pleasure. (dengan senang hati.)

(Dialogue 2) 
Mother: would you like to clean the house? (maukah kamu membersihkan rumah?)
Wati: sure. I will.(tentu.)

(Dialogue 3) 
Dino: Would you like to lend me money? (maukah kamu meminjami saya uang?)
Halim: I’m afraid not. I don’t keep my wallet. (ma’af. Saya tidak membawa dompetku.)
Dino: Ok. Then. (baiklah kalau begitu.)


No comments:

Post a Comment